Pencarian 1 Juta Logo

Sabtu, 26 Juli 2014

Logo Universitas Padjadjaran – UNPAD

Kali ini arena logo meluncur ke UNPAD (Universitas Padjadjaran) dan akan membahas arti atau makna lambang UNPAD. Universitas Padjadjaran – UNPAD adalah salah satu Universitas yang ada di Indonesia yang terletak di kota Bandung berikut logo yang bisa didownload secara gratis untuk kepentingan desain grafis.

Sebelum membahas mengenai logo Unpad terlebih dahulu sedikit saya ulas mengenai sejarah Universitas Padjadjaran (UNPAD) yang dikutif dari sumbernya unpadDotAcDotId.

Pada tanggal 11 September 1957 Universitas Padjadjaran secara resmi didirikan melalui Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 1957, dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 September 1957.

Pada awal berdirinya Unpad memiliki 4 fakultas, dan saat ini telah berkembang menjadi 16 fakultas dan program pascasarjana. Program yang ditawarkan Unpad meliputi program doktor (S3) terdiri dari 9 program studi, program magister (S2) terdiri dari 19 program studi, 2 program spesialis, 5 program profesi, dan program strata I (S1) terdiri dari 44 program studi, Program Diploma III (D3) terdiri atas 32 program studi dan  Program Diploma IV (D4) terdiri atas 1 program studi. Unpad juga memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) sebagai wadah untuk mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Download Logo Unpad (Black)

Download Logo Unpad (Berwarna)

Ok, inilah arti lambang Unpad
Bentuk dan Arti Lambang Universitas Padjadjaran
Bentuk dan arti lambang Universitas Padjadjaran ditetapkan berdasarkan SK Rektor Nomor: 903/H6.1/KEP/HK/2010 dan terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: 045978 tanggal 5 Februari 2010.

Lambang terdiri atas 6 bagian, yakni:
  1. Obor
  2. Kujang
  3. Sayap (=daun)
  4. Roda
  5. Bunga teratai
  6. Pentagon, perisai yang berbentuk segi lima

Obor ialah ilmu yang merupakan suluh penerangan kehidupan, yang membawa cahaya bahagia menuju keluhuran budi.
Kujang ialah senjata pusaka orang Sunda sebagai lambang kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran, yang menjadi tugas ilmu pengetahuan.

Sayap (terlukis daun paku) ialah sindiran terhadap kota Pakuan yang mengandung kata “paku” yang merupakan Pusat Kebesaran dari Keprabuan “Padjadjaran” dan daun paku ini merupakan sayap berarti senantiasa berusaha mencapai taraf atau mutu yang lebih tinggi.

Roda ialah kemasyarakatan, yang seperti halnya dengan roda senantiasa bergerak berputar dalam proses perubahan dan yang menjadi corak Universitas Padjadjaran.

Bunga Teratai yang sedang mekar berarti jaya abadi, suci sepanjang masa, lambang kebudayaan dan pendidikan.

Pentagon, perisai yang berbentuk segi lima ialah Pancasila, asas negara yang menjadi pedoman bagi segala usaha serta kegiatan universitas demi kepentingan negara dan bangsa.

Arti warna dari Logo Unpad adalah sebagai berikut:

Kuning berarti kejayaan dan keluhuran budi (dasar)
Merah berarti kebersihan (nyala obor dan roda).
Putih berarti kejujuran dan kesucian (kujang dan teratai).
Hitam berarti keteguhan, kekuatan, dan ketabahan hati (sayap).






Creatif By : Yatna Supriyatna | Tempat Download Vektor CorelDraw

Terimah Kasih telah membaca artikelLogo Universitas Padjadjaran – UNPAD. Yang ditulis oleh Yatna Supriyatna .Pada hariSabtu, 26 Juli 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

0 komentar:

Posting Komentar