Pencarian 1 Juta Logo

Rabu, 14 Mei 2014

Logo / Lambang Negara RI "Garuda Pancasila"


 Garuda Pancasila adalah lambang Negara Republik Indonesia yang memiliki semboyang "Bhineka Tunggal Ika" Tahukah Anda arti dari semboyan tersebut? saya yakin pasti tahu dong. sebagai warga negara Indonesia tentunya tahu akan arti dari semboyan negaranya.
Menurut keterangan Garuda Pancasila adalah burung Garuda yang sudah dikenal melalui mitologi kuno (mitos) dalam sejarah bangsa Indonesia, yaitu kendaraan Wishnu yang menyerupai burung elang rajawali. Garuda digunakan sebagai Lambang Negara untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan negara yang kuat. Burung garuda pada lambang negara RI memiliki Warna keemasan pada burung Garuda melambangkan keagungan dan kejayaan.Garuda memiliki paruh, sayap, ekor, dan cakar yang melambangkan kekuatan dan tenaga pembangunan. Jumlah bulu Garuda Pancasila melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, antara lain:
  1. 17 helai bulu pada masing-masing sayap
  2. 8 helai bulu pada ekor
  3. 19 helai bulu di bawah perisai atau pada pangkal ekor
  4. 45 helai bulu di leher

Lambang negara RI diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat (RIS) tanggal 11 Februari 1950. Logo Burung garuda yang merupakan logo atau lambang negara RI ini terlihat menoleh ke kanan dan tentunya gambar atau logo negara RI ini memiliki banyak arti makna. Berikut rincian dari logo tersebut :

  1. Jumlah bulu pada tiap sayapnya sebanyak 17 helai, yang melambangkan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.
  2. Jumlah bulu ekornya sebanyak 8 helai, yang melambangkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia.
  3. Jumlah bulu-bulu dibawah sebanyak 19 helai dan bulu-bulu dileher sebanyak 45 helai. Jika kita gabungkan maka menjadi tahun 1945 yakni tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Nah jika poin 1-3 kita gabungkan, maka menjadi tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah kita tahu. Proklamasi yang dikumandangkan oleh presiden pertama Republik Indonesia adalah pada 17 Agustus 1945 (17-08-1945).
  4. Pada leher burung garuda tergantung sebuah perisai dan terukir gambar-gambar yang melambangkan ideologi bangsa Indonesia, Pancasila.
  5. Gambar Bintang berwarna kuning emas, yaitu melambangkan sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa"
  6. Gambar Rantai Baja berwarna kuning emas, yaitu melambangkan sila kedua "Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab"
  7. Gambar Pohon Beringin berwarna hijau, yaitu melambangkan sila ketiga "Persatuan Indonesia"
  8. Gambar Kepala Banteng berwarna hitam, yaitu melambangkan sila keempat "Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan"
  9. Gambar Padi dan Kapas berwarna kuning emas dan putih, yaitu melambangkan sila kelima "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia"
  10. Garis melintang pada perisai dilukiskan lebih tebal, yang melambangkan bahwa negara Indonesia berada diantara garis khatulistiwa.
  11. Ruangan prisai ditengah-tengah berwarna merah dan putih kemudian putih dan merah. Itu melambangkan keberanian dan kesucian.
  12. Sedangkan warna hitam pada dasar bintang kuning emas melambangkan malam yang indah (mungkin, sahabat bisa cari tahu artinya).
  13. Kaki burung garuda mencengkram sebuah pita berwarna putih melengkung keatas. Pada pita tersebut bertuliskan 'Bhineka Tunggal Ika' yang berarti : Berbeda-beda tetapi satu jua. Maksudnya adalah Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku, kesenian, adat istiadat dan agama, tetapi kita merupakan satu bangsa dengan satu kebudayaan nasional dengan satu bahasa nasional.
  14. Semboyan tersebut diambil dari kitab sitasoma karangan Empu Tantular, seorang pujangga pada zaman kerajaan Majapahit.
  15. Pada akhirnya lambang burung Garuda Pancasila, ditetapkan sebagai lambang negara Indonesia.
Kiranya demikian sekilas tentang arti dan lambang burung Garuda yang menjadi smbol dengan nama Garuda Pancasila. Jika ada keterangan lain silakan komentar dibawah.

Creatif By : Yatna Supriyatna | Tempat Download Vektor CorelDraw

Terimah Kasih telah membaca artikelLogo / Lambang Negara RI "Garuda Pancasila". Yang ditulis oleh Yatna Supriyatna .Pada hariRabu, 14 Mei 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

0 komentar:

Posting Komentar