Pencarian 1 Juta Logo

Sabtu, 15 Februari 2014

Arti Lambang Kabupaten Kubu Raya

Arti Lambang Kabupaten Kubu Raya
Lambang Kabupaten Kubu Raya

Logo berbentuk perisai dengan  garis  lengkung dan garis  lurus menyatu berwarna hitam dan biru didalamnya, mengandung arti bahwa wilayah Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah daratan  dan  pulau-pulau  yang  dipishkan  oleh  sungai  dan  laut,  serta  mempunyai  potensi sebagai daerah lalu lintas perdagangan dan pariwisata.

Ditengah logo terdapat benteng (kubu pertahanan) yang terdiri dari 9 bagian yaitu 1 ditengah, 4 disi  kanan  dan  4  disi  kiri,  yang  mengandung  arti  bahwa  Kabupaten  Kubu  Raya  pada  saat pembentukan terdiri dari 9 Kecamatan, dengan pusat pemerintah berada di Kecamatan Sungai Raya.

 Pada sisi kanan benteng terdapat butiran padi yang berjumlah 17 dan pada sisi kirinya terdapat 7  lembar daun  kelapa  yang berpangkal pada angka 2007 dibawahnya  terdapat  tulisan Kubu Raya,  yang mengandung  arti  bahwa  berdirinya Kabupaten  Kubu Raya  pada  tanggal  17  Juli 2007,  Butiran  padi  dan  lembar  daun  kelapa  menunjukan  bahwa  Kabupaten  Kubu  Raya merupakan daerah dengan potensi hasil pertanian dan perkebunan yang subur.

Pada  sisi  bawah  benteng  terbentang  perahu  yang  sarat  muatan  dengan  riak  ombak  di depannya  dan  layar  mengembang  serta  tiang  perahu  yang  kokoh,  mengandung  arti transportasi air sebagai media lalu lintas perdagangan hasil usaha keras masyarakat yaitu hasil laut,  pertanian,  perkebunan,  industri  dan  tambang  menuju  kehidupan  yang  bermanfaat  dan sejahtera.

Pada  sisi  atas  benteng  terdapat  bintang  segi  lima  dan  enam  sinar  yang  memancar mengandung arti Pancasila sebagai dasar dalam mewujudkan enam harapan masyarakat yang tertib, aman, mudah pelayanan, adil dan merata, makmur, indah, lestari, beriman dan bertaqwa dalam ridho Tuhan Yang Maha Esa.

Pada  sisi    paling  bawah  terdapat  pita  bertuliskan  Kubu  raya,  mengandung  arti  budaya masyarakat  Kubu  Raya  heterogen  selalu  bersatu,  harmonis  sebagai  pencerminan  rasa persatuan dan kesatuan.

Arti/Warna Komposisi Warna

1. Warna Dasar biru laut, melambangkan keyakinan. Dengan daerah perairan sebagai pemisah daratan, tetapi masyarakat yakin lautan raya sangat berpotensi dengan hasil lautnya juga sebagai lalu lintas pertumbuhan ekonomi sekaligus membuka kerjasama pada bidang pariwisata dan perdagangan baik Nasional maupun Internasional.

2. Warna hitam, melambangkan perjuangan dan kerja keras dalam menggali dan mengelola potensi daerah menuju masyarakat adil dan makmur.

3. Warna merah dan putih melambangkan keberanian dan kesucian. Berani bersaing dengan daerah lain atas dasar keberanian dan kesucian jiwa di bawah panji Merah Putih Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Warna hijau melambangkan kesuburan. Dengan Potensi daerah pertanian dan perkebunan yang subur menjadikan masyarakat yang produktif bekerja sesuai dengan keahlian dan kemampuannya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai penunjangnya.

5. Warna kuning emas melambangkan keagungan, berawal dari sejarah perjuangan mengusir penjajah oleh pejuang-pejuang Kubu Raya.



Referensi :
http://id.wikipedia.org
http://www.kuburayakab.go.id/

Creatif By : Yatna Supriyatna | Tempat Download Vektor CorelDraw

Terimah Kasih telah membaca artikelArti Lambang Kabupaten Kubu Raya. Yang ditulis oleh Yatna Supriyatna .Pada hariSabtu, 15 Februari 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

0 komentar:

Posting Komentar